Daftar Blog Saya

Kamis, 16 September 2010

Memaksimalkan RX-KING

Ada sedikit Tips N` trick neh buat maksimalin tenaga Raja standar para bro semua, Tapi tips ini cuma memaksimalkan performa Raja standar saja tanpa melakukan satu perubahan yang besar pada mesin, mayan dah buat ngacir dikit tapi duit juga keluar dikit dan tetep ekonomis pada konsumsi bahan bakar ... hehehhe


1. Mungkin kalo bro semua sering wara-wiri di situs KCDj ini pasti udah sering baca tentang ngalusin kulit jeruk pd blok standar Raja, nah itu salah satu tips yg manjur loh Bro mayan tarikannya nambah sedikit cepat loh !


2. Modifikasi Knalpot standar Raja, macem2 deh caranya tuh modif mo beli knalpot standar racing kek ato dibikin/dibelek chamber, toet ato trang-tang ato apaan kek namanya gue gak hapal yang jelas modifikasi knalpot bisa membantu meringankan tarikan Raja standar, cuma emang kalo modif knalpotnya asal2an ato ngga pas ya kurang mantaf lah tarikan Raja ente Bro.. Kalo masih ragu ato belum tau tempat modif ato belek knalpot silahkan sharing dengan teman disitus KCDj ini dijamin pasti banyak masukan deh .. ato sekalian aja samperin tuh Base Camp KCDj parkit senayan tiap malem minggu 22:00 - 23:59 WIB.


3. Maksimalkan setingan Karbu Raja standar.. Nah di Karbu ini pasokan bahan bakar yang akan dikirim ke silinder diatur... Seting lah karbu anda sesuai kebutuhan baik itu ada penggantian pilot ato spuyer dll, Arti maksimal ini sih ngga cenderung lebih ke kebutuhan untuk kecepatan tinggi soalnya bagi anak2 yang suka narik Gas pol Raja ya pasti setingan cepat yg diklaim setingan maksimal, tapi buat orang yg Rajanya dibuat sarana oprasional wara-wiri dijalanan yg kalo di-itung2 dia bisa seharian gawe dimotor pasti setingan yg irit yg diklaim dia yg paling maksimal. Untuk seting maksimal karbu Disini saya ngga
mematok ukuran spuyer dan pilot untuk Raja karena seting karbu itu bisa berbeda-beda dari satu motor- dengan motor yang lain karena bisa ada beberapa perbedaan modifikasi baik kecil ato besar pada tiap2 raja seperti adanya perbedaan knalpot dengan spek yg berbeda-beda dan masih banyak lagi. Jadi pendekatan seting Karbu yang pas ya harus disesuaikan ato dibaca motor Raja anda sendiri dan saya lebih condong menyarankan anda para bro semua kalo belum begitu paham dengan seting karbu anda sebaiknya minta bantuan ke bengkel ato mekanik yg telah terbukti mantaf untuk menghidari hal2 yg tidak diingikan, nah dari
situ bro yg belum faham jadi bisa pelan2 belajar biar bisa nyeting sendiri... nah info2 bengkel ato mekanik yg bisa nyeting yg bagus bisa diliat di situs KCDj ini pada forum bengkel kita http://www.kcdj.org/forums/index.php?showforum=10

user posted image


4. Kompresi tinggi dapat menjadikan ledakan yg sangat keras disilinder sehingga membuat piston terdorong untuk bergerak lebih cepat sehingga galak deh tarikan motor... Nah naikin kompresi bisa bikin tarikan Raja ente makin yahuud.., Naikin kompresi bisa dilakukan macem2, bisa ke tk bubut, ato kalo mo yg sederhana ya kita bisa modifikasi packing standar Raja kita, macem cara para mekanik ngakalin entuh packing ada yg ganti pake packing tipis ato seng ada yang ngurangin doubel paking jadi satu paking pokoknya macem2 deh yang pada intinya membuat piston lebih maju mendekati head sehingga bensin+udara+olisamping yang udah dikambutkan oleh karbu dapat lebih dipadetkan/ditekan guna memicu ledakan yg lebih hebat.


5. Pemakaian gas spontan kayaknya sih terlihat sepele bgt... tapi kalo diperhatikan bener2 itu lumayan ngebantu dalam pembukaan gas yg radikal apalagi kalo udah ketemu lawan dijalan hemmm.... pasti gak nanggung2 bejek tuh gas... emang sih perbedaannya gas spontan dan yg biasa ya cuma kalo gas spontan dapat memangkas gerak putar gas grip menjadi lebih sedikit dan padat... sehingga tarikan dapat secara reflek otomatis menjadi lebih responsif... Dipasaran sendiri gas spontan udah banyak dari harga yg mahal bgt sampe yg harganya dibawah seratus rebu.. cuma kita musti pinter milih model yg bagus dan kuat biar bisa awet.

user posted image


6. Tingkatkan respon tendangan kopling Raja ente bro... ini gunanya banyak bgt terutama waktu perpindahan gigi biar rpm gak jatuh karena motor dibantu melejit lewat tendangan kopling, memaksimalkan kerja kopling bisa macem2 cara, salah satunya dengan mengganti per kopling standar dengan per kopling yg keras, per kopling keras ada macem2 jenisnya ada yg keras bgt contoh per kodok ato per kompetisi, ada juga yg gak begitu keras kaya per yoshimura, ato per rmc satria 2tak dan masih banyak lagi. Tapi penggunaan per keras agak jarang diminati karena ya itu tuas kolpling agak keras kalo ditarik tapi kalo udah biasa mah gak masalah kok. Ada juga yg memodif kampas kopling tebal L2s diselang seling dengan kampas standar Rx-king standar.. dan banyak lagi yg lain...


7. Atur kombinasi gir depan & belakang sesuai kebutuhan dan karakter nyetir anda Bro. Untuk Rx-King taon muda kombinasi gir standar pabrikannya adalah 15 gir depan & 37 gir belakang (15-37). nah bro bisa maksimalin kombinasi gir ente sesuai kebutuhan ato sesuai driving style ente bro ... tapi gantinya jangan terlalu radikal ato loncatnya terlalu jauh biar power ngga terlalu nge-drop kecuali bro melakukan tuneup besar pada mesin seperti ganti seher lebih besar dll itu baru ente bisa ganti gir agak jauh... nah urut2an kombinasi gir dari yg ringan ke berat bisa didapat dengan kombinasi gir belakang dibagi
gir depan hasilnya dapat bro urut2 kan dari berat ke yg ringan. Contoh bro sekarang pake gir Rx-King standar taon muda yaitu 15-37 nah kalo bro ingin menambah top speed dari Raja ente berarti ente harus memperberat gir ke urutan yg lebih berat satu tingkat yaitu 14-34 untuk lebih jelasnya liat aja tabel di bawah ini..

user posted image

Kombinasi urutan gir tsb diatas kurang begitu lengkap karena ane cuma memasukan kombinasi yg umum dipakai raja sehari2 yaitu gir 14&15 depan serta gir 30-38 ... untuk mendapat hasil yang lebih halus dan lengkap silahkan bro urutkan sendiri mungkin dengan penambahan gir yg lain...


8. Bagi bro yg doyan macu kenceng Rajanya.. bisa juga lakukan pengurangan beban pada raja ente... yah macem2 lah caranya kaya
ganti velk alumunium dst dst .... tapi gak perlu sampe dibikin buntung dan rangka dibolong2in kaya motor dragbike ntar bisa kusut kalo ketemu polisi dijalan kalo motor ente motor buntung...

9. Terakhir Cek dan Benahi semua faktor pendukung kendaraan baik yg vital maupun kelenkapanya secara berkala agar kondisi raja ente tetap 100% okeh seperti contoh Rem, oli samping & oli mesin, kabel2 , baik kabel body maupun kabel instrumen pastikan ngga ada terkelupas, aki, busi, dan masih banyak yg lainnya...

Nah Gimana bro itu semua hanya memaksimalkan Raja standar bro tanpa melakukan korekan ato suatu perombakan/tuneup di bag. mesin yg bersifat merubah drastis... tetapi hasil yang didapat dari maximize Raja seperti diatas cukup mantaf lo bro dan seperti saya sebut diatas motor ngacir tapi duit yg keluar dikit dan konsumsi bensin juga tetap ekonomis ... ayo bro ada yg mo coba ato ada yang mo nambahin biar makin lengkap lengkap...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar