Daftar Blog Saya

Kamis, 16 September 2010

Ngalusin Kulit Jeruk

blok mesin yg ada guratan kulit jeruknya itu ada dibagian:
1. pada ruang membran/ katup buluh/ reed valve.
2. pada saluran bilas ada 2 lubang di sisi kiri dan kanan blok
3. pada saluran buang yg nyambung ke leher knalpot.
nah pada bagian2 tersebut itulah yg permukaannya tidak rata jika diraba persis seperti kulit jeruk, dialusinnya bisa pake bor tuner biar lebih cepet dan gampang, atau pake amplas yg kasar digosok-gosok terus sampe ngos-ngosan hehehehe...

Hello BosagLe
Ngalusin kulit jeruk ruang bakar pada umumnya juga disebut porting.
Tujuannya adalah agar jalannya bahan bakar dan udara jadi lebih lancar dengan menurunkan sudut menjadi landai. Namun demikian untuk pemula jika mau porting khususnya untuk korek harian cukup pengalusan kulit jeruk di ruang pasokan (in).
Kalau untuk ajang balap perlu ilmu dan pengukuran presisi yg tinggi.
Sebagian mekanik juga mewanti2 bahwa kalau terlalu licin dengan pengukuran yg seadanya justru akan mengakibatkan pengembunan di porting dalamnya.
Disitulah setiap mekanik memiliki "sentuhan" berbeda selayaknya pahatan seniman.
"Mata bor boleh sama. sentuhan akhirnya (finishing touch) yg berbeda".
Thanks.

gw pake cat diton di silinder head juga ga papa tuh.... ga ngelotok2!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar